Minggu, 24 Desember 2023

Ega Rusanti Peneliti Muda INDEX Institute Raih Penghargaan Prestisius di ICONZ BAZNAS




Pada The 7th Indonesian Conference on Zakat (ICONZ BAZNAS), yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 8 November 2023, peneliti muda dari INDEX Institute, Ega Rusanti, berhasil meraih 1st Best Paper. Prestasi ini mengemuka melalui penelitian berjudul Zakat and Human Development Index: An Analysis of Five Priority Distribution Sectors.

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengeksplorasi dampak distribusi zakat pada lima sektor prioritas: kemanusiaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan agama, terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia. Temuan dari penelitian ini mengungkap bahwa distribusi zakat di sektor pendidikan dan kemanusiaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan IPM di Indonesia.

Namun demikian, sektor ekonomi, kesehatan, dan agama menunjukkan minimnya pengaruh dikarenakan masih terjadi kurang optimalnya pendistribusian dan pengelolaan dana pada sektor-sektor tersebut.

"Hasil riset ini menjadi dapat menjadi rekomendasi penting bagi pemangku kepentingan, terutama Lembaga Zakat dan Pemerintah, untuk merumuskan kebijakan dan program yang bertujuan untuk mengoptimalkan distribusi dana zakat secara merata dan strategis pada sektor-sektor yang dianggap vital. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia," tambahnya saat ditemui disela sela kesibukannya menyelesaikan studi magister sains ekonomi Islam di Universitas Airlangga, Surabaya. 

Menanggapi prestasi peneliti muda INDEX, Dr (c) Ainul Fatha Isman menyampaikan bahwa "Pencapaian gemilang peneliti INDEX bukan hanya mengukuhkan komitmen INDEX Institute dalam menghasilkan riset yang inovatif, tetapi juga menegaskan kontribusi yang substansial dalam mendukung perbaikan sosial-ekonomi Indonesia." (mindex)


0 comments:

Posting Komentar